Artikel > tentang-anak

MING-IMING HADIAH BERPUASA PERLU, TAPI ADA SYARATNYA

MING-IMING HADIAH BERPUASA PERLU, TAPI ADA SYARATNYA

Berpuasa merupakan ibadah wajib buat umat Islam.  Khusus untuk anak-anak, hendaknya Bunda didik untuk mengenal puasa sejak dini. Namun  memperkenalkan anak dengan ibadah puasa tak begitu saja mudah dilakukan. Butuh beragam trik agar anak mau ikut berpuasa dengan riang gembira. 

Selain menjelaskan manfaat puasa sejak dini,  Bunda bisa mengimingi anak dengan hadiah.  Konsep reward ini, sama seperti sistem reward and punishment yang ada dalam ilmu psikologi. Reward and punishment trik yang cukup efektif untuk mendidik anak melakukan hal positif.

Bentuk hadiah apa yang cocok buat anak ketika sukses menjalankan puasa? Berikut ini, hal-hal yang wajib Bunda perhatikan ketika memberi reward. Intinya wajib dipikirkan agar anak tak menjadi seorang yang materialistis.

1. Berikan barang sederhana
Bunda bisa berikan hadiah ke anak berupa barang-barang sederhana yang bermanfaat seperti buku dan alat tulis. Jangan mengimingi-imingi anak di luar kemampuan anak. Contohnya, jika  anak bisa berpuasa seharian penuh selama bulan Ramadhan akan diberi mainan mahal. Khusus anak prasekolah masih dalam tahap belajar berpuasa, cukup beri target pendek.

2. Berikan pilihan menu makanan
Bentuk reward lain, Bunda bisa memberikan mereka pilihan menu berbuka dan sahur. Tetapi  berikan pilihan-pilihan makanan dan minuman yang memiliki gizi yang tinggi agar anak mampu berpuasa dengan baik.

3. Reward pujian
Hadiah lainnya bisa berupa pujian.  Bentuknya motivasi dan apresiasi apresiasi maupun dukungan kepada anak yang berpuasa. Dukungannya berupa kata-kata pemompa semangat. Misalnya Bunda bisa bilang, “Bagus nak, good job, ayo semangat.” Atau pujian lainnya.

Tags : Iming-iming hadiah untuk puasa melatih anak puasa latihan berpuasa agar anak mau puasa mendidik anak kesehatan anak
Artikel Lainnya
1 2 3   Last

Kontak Kami

:
:
:
:
: